Sunday, November 8, 2009

SEAChange Campaign is Marketing Campaign!

Dalam rangka mengikuti SEAChange, menyuarakan perubahan & mengajak teman-teman kita untuk ikut mendukung gerakan perubahan pemuda seASEAN bisa menjadi sulit sekali kalau cuma dilakukan dengan pendekatan orang-per-orang.
Aku perlu suara massal.
Sehingga kuputuskan, harus 'turun ke jalan' nih! :D

Syukurlah, bertepatan dengan sebuah seminar besar dimana temanku menjadi panitianya, aku bisa mendapatkan izin untuk nebeng woro-woro pengumuman & buka info center di situ.Ini adalah putaran pertama kampanye SEAChange kali ini.Aku berdua bareng Asih, teman sekampus, yang pastinya sudah mendaftarkan diri juga dong, untuk gerakan perubahan SEAChange. Untuk keperluan itu, aku menyiapkan macam-macam properti: poster, flyer, & ID card.

get a professional look with only limited budget :p

Khusus untuk yang poster Apa itu SEAChange, aku diperbolehkan memakai poster buatan mbak Cut Nury H. Sabry, yang sudah lebih dulu dinyatakan menang ke YES2009 besok.
Terima kasih ya, mbak Nuri!
Fanpage SEAChange di Facebook memang membantu sekali.

Kamilah change drivers!

Kepada peserta seminar & juga kepada panitia, kami berdua membagikan flyer serta menjelaskan tentang program ini. Kami juga menjelaskan rencana Satu Juta Suara yang ingin diraih oleh seluruh pemuda se Asia Tenggara.
Seandainya kalau boleh malah aku ingin di seminarnya sebelum acara dimulai atau di saat jeda, ditampilkan beberapa slide saja tentang SEAChange & YES2009. Sayang waktu itu tidak diizinkan. Tapi tidak apa-apa. Di luar ruang seminarpun banyak peserta seminar yang tertarik & menanyakan lebih lanjut detail gerakan perubahan ini serta bagaimana caranya berpartisipasi menyuarakan ide.

Ada yang lucu di sini, yaitu tentang segera tidaknya orang mau mendaftarkan diri ke SEAChange setelah mereka mendapat informasi. Ingat dulu di kelas Marketing ini dipelajari sewaktu membicarakan customer buying intention. Jadi, bagaimanapun antusiasnya subjek kita terhadap produk/ program yang ditawarkan, sebagai 'calon konsumen' mereka tetap perlu dorongan yang sangat kuat untuk membuat suatu buying decision. Atau dalam kasus SEAChange ini, bagaimanapun tertariknya orang-orang pada isu gerakan perubahan tersebut, mereka harus terus dipandu sampai garis akhir, yaitu mendaftar & memberikan suara. Makanya di situ aku & Asih sekalian menyediakan laptop supaya orang-orang bisa langsung mendaftar SEAChange online.
Semua senang! Semua ingin mendaftar!

everybody is joining

Kemudian sekilas aku mau membahas seminar temanku. Seminarnya adalah seminar pengembangan diri yang dibawakan oleh Mien R. Uno sebagai pembicara. Pasti tahu kan, siapa bu Mien ini. Paling tidak, kita pasti familiar dengan Sandiaga S. Uno, putra beliau. Bu Mien Uno adalah pakar pendidikan kepribadian yang sudah sangat ahli dalam bermacam isu pengembangan diri. Beliau bicara di banyak seminar, menjadi juri di berbagai ajang pemilihan putri, serta juga sudah menerbitkan dua buku:
'Etiket' & 'Buku Pintar Etiket untuk Remaja'.
Semuanya membahas tentang cara bergaul serta bersosialisasi yang baik. Di seminar kemarin, bu Mien menghentak seluruh peserta dengan gaya membawakan materi yang tidak biasa. Semua peserta dibuat berdiri, berlari-lari, berteriak, & menyanyi!
Mien Uno memang ingin peserta seminar memandang diri mereka dengan cara berbeda. Dan untuk melakukannya tentu dibutuhkan pendekatan yang berbeda pula.
Nah, itu termasuk perubahan cara pandang juga dalam membawakan seminar kan!

SEAChange memang top!

Konsep ibu Mien tentang perubahan diri adalah Becoming Professional.
Berubah dengan menjadi profesional itu berarti menjadi pandai menempatkan diri; pandai mengelola diri; berinteraksi dengan lingkungan; serta membangun tim yang super.

Jadi, ayo gabung.
Dan kampanyekan perubahan!
http://indonesia.youthsays.com/seachange/go/pj4



==================================================================
"If you're aged between 15 to 35 log on to www.youthsays.com/seachange to join 1 MILLION youth across Southeast Asia (SEA) and say YES to CHANGES! By doing so, you and your friends stand a chance to win a FREE trip to meet top global change icons at the Youth Engagement Summit (YES) 2009 on November 16 & 17 in Kuala Lumpur. Rewards include return air flights, full accommodation and delegate passes worth in excess of US$2,500 each."

No comments:

Post a Comment